Rabu, 13 Oktober 2021

Bagaimana pandanganmu mengenai Hustle Culture?

 

Jika contohnya adalah seseorang bekerja dg durasi amat panjang seperti 9.9.6 kemudian mudah digeser dg orang lain jika performa turun.. waduh seperti hunger game kalo g bertahan ya mati..

Walau di Indonesia bentuknya agak lain seperti bbrp jenis freelance atau bapak ibu ojeg online yang waktunya tidak bs dikandangin, bisa dr pagi smp malam utk orderan. Itu termasuk hustle Culture

Jika seperti itu gambaran disatu sisinya.. tentu saya keberatan dg budaya kerja yg tidak seimbang. Maka seandainya saya.. ini sudut pandang saya ya jika sebagai owner perusahaan .. saya dulu berfikir ingin membentuk yang stay small.. sedikit slow.. tp hasil bisa tercapai …utk mewujudkan itu maka saya harus membangun budaya organisasi yg seimbang dan tata kelola perusahaan yang memadai... bukan memaksakan, bahkan tidak ad pembagian kerja yg efisien…biasanya jika kita menggunakan konsep keseimbangan akan lebih bertahan lama.. karena tumbuhnya lebih alami.

hmm performa seseorang itu tidak bisa dilihat dari durasi lamanya bekerja… lama kerja tapi hasil sama dg yg jam kerjanya sedang megapa harus dipaksa banget ya…kalau dipaksakan bagai Quda🐎🐴🐴 jadi lupa orang tua.. lupa makan… lupa tidur.. hingga lupa bahagia… dibeberapa kasus ad yg serangan jantung dan meninggal muda.

kuncinya ya namanya manusia itu perlu diberikan tools utk membuat pekerjaanya jadi lebih efisien…

klo banyak SDM malah bisa padat karya..perusahaan maunya bayar murah tp fasilitas tidak memadai ya yg diuntungkan banyak hanya yg pny perusahaan… kalo kita memiliki filosofi dan prinsip yg kuat.. maka kepentingan konsumen perlu kita kondisikan juga.. jangan sampai dzolim laah walau kerja target.. maka hitung hitungannya harus tepat supaya tidak serakah..

klo hustle culture disebabkan oleh kebutuhan konsumen yg tinggi, ya perlu adanya pengendalian yg bijaksana.. jangan mau disetir2 dan nyalah nyalahin karyawan kita ketika ad sedikit saja masalah.. karena error bisa dr mana saja..dulu konsumen adalah raja.. tp konsumen skrg banyak juga yg ngelunjak dan bermental juragan. Padahal kita sama sama saling bermuamalah.. gak ad status yg lebih tinggi. Kita pun sbg penyedia layanan juga demikian… jangan pongah.